Jumat, 19 September 2008

Ndurung

Kata “Ndurung” dari Bahasa Karo yang kurang lebih dapat diartikan dengan “menangkap ikan di sawah atau kolam dengan cara menguras airnya”. Kegiatan “Ndurung” menyenangkan dilakukan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Selain menyenangkan, melakukan kegiatan ini tidaklah membutuhkan biaya yang mahal.

Dimulai dari membuka penutup saluran air didasar kolam untuk menguras air yang ada dikolam dan diujung saluran air ditutup dengna jaring agar ikan tidak “melarikan diri”.

Selain memasang jaring, hal lain yang lazim dilakukan seperti memukul-mukul air untuk menakut-nakuti ikan agar tidak mendekati saluran air. Ketika melakukan aktivitas didalam air maka kemungkinan kaki dihinggapi lintah patut diwaspadai. Binatang kecil penghisap darah ini, bisa saja sudah menempel dikaki dan menghisap darah tanpa kita sadari.

Setelah air kolam mulai mengering, aksi menangkap ikan akan segera dimulai. Cara menangkapnya dapat dengan "tangan kosong" atau menggunakan alat seperti tangguk (bahasa Karo; Durung).

Ikan Mas merupakan tipe ikan yang lebih gampang ditangkap dibandingkan dengan ikan leke. Hal tersebut dikarenakan ikan mas tidak menyukai bersembunyi (bahasa Betawi; Ngumpet) dilumpur dan tidak memiliki senjata yang melindungi tubuhnya seperti ikan lele atau mujair.

Setelah ikan mas tertangkap semuanya, maka target berikutnya menangkap ikan lele, mujair, belut, katak, serta siput air tawar (orang karo menamai jenis ini; Cih). Sensasi yang dirasakan dari aktivitas menangkap ikan ini sangatlah menyenangkan dan penuh tawa. Kita bisa saja tertawa karena ikan yang sebelumnya sudah dalam genggaman, tetapi akhirnya berhasil melepaskan diri dan kembali bersembunyi.

Akhirnya, setelah semua ikan ditangkap maka sebagian disisihkan untuk dimakan dan selebihnya dilepas kembali untuk dipelihara. Ikan-ikan tersebut dibakar atau digoreng sesuai dengan selera masing-masing.

Setelahnya, dimakan bersama-sama diiringi angin yang bertiup sepoi-sepoi membuat suasana semakin menyenangkan. Sungguh …. Kegiatan “Ndurung” merupakan aktivitas yang patut dicoba untuk mengimbangi kegiatan rutinitas yang mungkin membosankan atau menimbulkan stres.

Ngomong-ngomong (atau "Ngiming-ngiming"; istilah Tukul Arwana dalam acara 4 mata di Trans7 untuk memplesetkan kata "Ngomomg-ngomong"), apakah anda pernah melakukan aktivitas seperti ndurung ini???

4 komentar:

Anonim mengatakan...

merhat kang kap ken kita ndurung e

Pulu Jinabun mengatakan...

U/ Jejak putri sibayak, meriah ka kin adi lit kesempaten ndurung e. semoga jejak Putri sibayak memiliki kesempatan untuk melakukan aktivitas ini.bujur

Ruben Sukatendel mengatakan...

sepertinya aktivitas yang menyenangkan, kunjungi ya jejak backpacker di http://jejakbackpacker.blogspot.com/

Hanna Meyti Sitepu mengatakan...

ndurung adalah aktivitas yang sangat menyenangkan,, hehehe
biasa sih buat refreshing