Rabu, 15 Oktober 2008

Kota Berastagi

Kota Berastagi terletak di dataran tinggi Karo, Propinsi Sumatera Utara. Karena terletak pada dataran tinggi maka suhu udara didaerah ini terkenal sejuk dan cenderung dingin.

Kota Berastagi merupakan tempat peristirahatan yang ramai dikunjungi pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya. Pengunjung umumnya datang dari kota Medan dan sekitarnya.

Seperti kota Jakarta yang memiliki tempat peristirahatan di daerah Puncak – Bogor, Bali memiliki Kintamani dan Bedugul, Jawa Timur memiliki Batu dan Malang, dan Sumatera Barat memiliki Bukit Tinggi, maka Sumatera Utara pun memiliki daerah kota Berastagi sebagai tempat rileks dan bersantai.

Bila berkunjung ke kota Berastagi, jangan khawatir tentang akomodasi di daerah ini. Banyak penginapan kelas melati atau wisma dan bahkan hotel berbintang terdapat di kota ini. Hotel – hotel berbintang seperti Hotel International Sibayak, Hotel Sinabung, Hotel Mikie Holiday, Hotel Bukit Kubu, Hotel Mutiara Berastagi, dan lain-lain.

Bila anda seorang backpacker yang memiliki budget terbatas maka dapat mencari wisma-wisma sebagai tempat menginap. Wisma yang terkenal bagi kalangan backpacker orang asing adalah wisma Sibayak.

Bila berkunjung ke kota Berastagi, tempat-tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi diantaranya; Pajak (Pasar) buah Berastagi ( orang Karo menamai "Pasar" dengan “Pajak”), Bukit Gundaling, Taman hutan raya Bukit Barisan, Pemandian air panas lau sidebuk-debuk, desa budaya Lingga, desa budaya Dokan, Penatapan Tongging dan air terjun sipiso-piso, mendaki gunung Sibayak, mengunjungi danau Lau Kawar dan mendaki gunung Sinabung, dan tempat wisata lainnya.

Tempat – tempat wisata tersebut terdapat di kota Berastagi dan sekitarnya, dan kota Berastagi merupakan tempat yang ideal dijadikan sebagai base (pangkalan) untuk menjangkau daerah-daerah wisata tersebut.

Bagaimana caranya mengunjungi kota Berastagi dengan Murah? Kita asumsikan anda mendapat tiket pesawat Air Asia yang sedang "Promo" dan anda sudah mendarat di bandara Polonia Medan. Dari bandara Polonia Medan anda dapat menggunakan taksi bandara menuju ke daerah Padang Bulan, tempat bis “Sinabung Jaya”, "Sutra" dan atau “Borneo” yang menuju kota Berastagi dan Kabanjahe berada.

Tarif taksi bandara sekitar Rp.30 – 40 ribu atau kalau anda seorang budget traveler yang mencari alternative yang lebih murah, maka dari bandara Polonia anda dapat berjalan kaki sekitar 300 – 400 meter ke jalan raya didepan bandara Polonia, anda dapat naik angkutan “Rahayu 41” menuju stasiun bis “Sinabung Jaya”, "Sutra" dan atau “Borneo” di daerah Padang Bulan.

Ongkos angkutan dalam kota di Medan sekitar Rp. 2 – 3 Ribu. Ongkos Bis Sinabung Jaya atau Borneo dari Medan ke Berastagi sekitar Rp. 10 – 12 Ribu dengan jarak tempuh sekitar 90 km dan waktu tempuh sekitar 70 – 90 menit melewati hutan dan pegunungan.

Selamat berlibur dan kami tunggu kedatangan anda di kota Berastagi. Kami warga Tanah Karo Simalem mengucapkan selamat datang dan Mejuah-juah kita kerina. Bujur.

Notes; Biaya yang diuraikan dalam tulisan ini, updates pada tahun 2008. Untuk tahun-tahun berikutnya diperkirakan akan berubah seiring kenaikan harga BBM atau kenaikan biaya lainnya.

15 komentar:

Cindy mengatakan...

Wow, beautiful pictures.
Very nice blog.

I will go to Batu Karang.

Keep blogging.

Good luck

Sukatendel mengatakan...

Cindy, thanks for your visit and comment.

Jejak Putri Sibayak mengatakan...

ngeliat dari photo2nya, kesejukan kota Brastagi sangat tergambarkan ya

Pulu Jinabun Sukatendel mengatakan...

iya Putri Sibayak, kelihatan kesejukannya dari kabut dan jalan yang basah karena hujan. tks atas kunjungannya.

diamondjack mengatakan...

makasih ya udah mau promosiian berastagi yang indah

Anonim mengatakan...

bro, kalau naik travel ke berastagi dari medan harganya berapa ?

Pulu Jinabun mengatakan...

U/ saat ini tidak ada lagi travel ke Berastagi, dulu pernah ada dan dikenal dengan sebutan HIBA, rute Medan - Kabanjahe, melewati Berastagi.

Alternatif-nya mungkin dapat dengan menumpang mobil jenis L-300 rute Medan - Sidikalang, atau Medan - Kota cane, yang melewati kota Brastagi. tanya dulu sebelum menggunakan mobil ini, karena jarak rute mereka panjang, sementara jarak rute anda pendek, mungkin saja mereka akan mengenakan ongkos yang mahal. sebagai contoh, anda menumpang mobil jurusan Jakarta - Surabaya, sementara tujuan anda hanya ke Bandung.

alternatif lain, mungkin dapat menyewa mobil (rental) disekitar lapangan merdeka, Medan. ok enjoy...

iemmaem mengatakan...

permisi artikel nih kuambil ya...
tpi aku cantumkan kuq sumbernya...
moga berastagi makin terkenal ja di dunia,,,

Pulu Jinabun mengatakan...

Ok Iemmaem, semoga bermanfaat.

rahmat mengatakan...

Bujur Pulu Jinabun sudah promosi daerah wisata Tanah karo Simalem

Pulu Jinabun mengatakan...

Bujur ka man bandu Rahmat, Mejuah-juah.

Hakimtea mengatakan...

kalo baca kata Brastagi jadi inget permainan monopoli dulu, Kota Brastagi paling mahal dalam permainan itu.

Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

Agus Amar Mizwar mengatakan...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Pulu Jinabun mengatakan...

U/ Hakimtea dan Agus, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

Stevany mengatakan...

Wah terima kasih atas infonya, saya dan 2 teman saya (semua wanita) rencana bulan April akan ke Medan selama 2 hari ke sana dan ingin sekali ke Brastagi, dan belum ada pengalaman sama sekali ke Medan, apalagi Brastagi, seandainya anda bisa bantu, bisakah tolong beri info yg terbaru mengenai perubahan harga bus ke sana dari Bandara dan kira-kira dimana penginapan yg bersih dan lumayan bagus yg bisa kami tuju dengan harga yg murah. Saya berharap anda bisa bantu kami supaya kami tidak tertipu oleh calo atau mengalami pengalaman buruk liburan di Medan (Brastagi). Thanks sebelumnya atas bantuannya