Selasa, 16 September 2008

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan "Monas" adalah monumen yang dibangun pada masa pemerintahan Ir. Soekarno. Monas merupakan landmark bagi kota Jakarta dan telah dikunjungi oleh jutaan orang dari berbagai suku bangsa di dunia. Monumen ini terletak di Jakarta pusat berdekatan dengan Istana Merdeka, Museum Nasional, Stasiun kereta api Gambir, dan tempat-tempat lainnya.

Pada umumnya, orang-orang yang berasal dari “daerah” seperti kami, belum puas rasanya bila datang ke Jakarta tetapi belum berkunjung ke Monas. Karenanya ketika berkunjung ke Jakarta dalam rangka melihat anak-anak dan menantu, mengunjungi Monas merupakan salah satu agenda dalam perjalanan kami.

Tugu Monas terletak ditengah-tengah lapangan monas yang sekeliling lapangannya ditanamai pohon-pohon rindang sehingga membuat suasana menjadi teduh. Banyak warga Jakarta yang memanfaatkan taman dilokasi Monas sebagai tempat bersantai atau berolah raga. Mereka umumnya membawa keluarga dengan anak-anak atau kerabat mereka yang kebetulan datang dari “daerah” seperti kami.

Melihat bangunan Monas yang megah dan kokoh, saya jadi teringat keinginan yang "menggebu-gebu" untuk membangun negeri ini oleh Presiden pertama RI, Bpk Ir Soekarno. Beliau-lah yang memprakarasi pembangunan Monas yang sampai sekarang masih kokoh berdiri di kota Jakarta.

Pada masa pemerintahan Ir. Soekarno, ada beberapa bangunan terkenal yang dibangun di kota Jakarta, seperti Monumen Nasional (Monas), Hotel Indonesia, Istora Senayan Jakarta, dan Masjid Istiqlal. Menurut anda, masih adakah bangunan lainnya yang didirikan pada masa pemerintahan Ir. Soekarno yang masih eksis sampai sekarang ???

Tidak ada komentar: